Skip to main content

Sharing Pengalaman dan Program Dengan BPMPPKB Kota Cimahi

Sharing(Kamis, 23/10/2014), Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota malang kedatangan tamu dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga berencana (BPMPPKB) Kota Cimahi yang berjumlah 6 orang. Kedatangan BPMPPKB kota cimahi ini betujuan untuk melakukan Sharing Pengalaman dan Program yang telah dilakukan oleh BKBPM kota malang dalam hal pemberdayaan. Sharing yang dilakukan diaula Kantor BKBPM kota malang itu juga menghadirkan perwakilan dinas kesehatan kota malang dan juga Kader Posyandu “Alpukat”Kelurahan Tanjungrejo yang menjadi kader posyandu terbaik se-Jawa timur, dan sebagai juara satudalam mengikuti Lomba Posyandu tingkat Nasional mewakili jawa timur.

 

Program yang di pertanyakan Oleh Pak Suyoto Selaku Kabid PKK BPMPPKB Kota Cimahi dan rombongan adalah terkait keberhasilan BKBPM dalam Pengembangan Dan Pimbinaan Pos yandu di Banyak Kelurahan Di Kota Malang, Perberdayaan Kawasan PAKUMIS (Padat. Kumuh dan Miskin) serta Pembangunan sanitasi. Tapi yang lebih menarik perhatian dari Kabid PKK BPMPPKB itu ialah terkait Keberhasilan Pembangunan Sanitasi di tiap-tiap Keluarahan di Kota Malang, karena pembangunan sanitasi di Kota Cimahi tidak berjalan dengan maksimal tuturnya, menurutnya selama ini di kota cimahi masih terkendala terkait partisipasi masyarakat yang sangat minim. Dalam sharing ini Pak suyitno Selaku Ketua Bidang Pembangunan Masyarakat BKBPM kota Malang, menjelaskan bahwa “pembangunan Sanitasi akan berjalan dengan baik ketika Partisipasi dari masyarakat mampu dimaksimalkan salah satunya melaui rembuk warga ataupun ketika musrenbang. Lanjutnya banyak cara yang di lakukan Oleh BKBPM agar dapat menarik partisipasi masyarakat antaralain dengan melalui Rapat Koordinasi (RaKor), serta agar program di kelurahan ini juga terkawal dan berjalan dengan baik maka di lakukan pembinaan secara berkala melalui Pelatihan dan Bimtek pada tim pelaksanan Teknis di kelurahan seperti KPP (Kelompok Pengguna dan Pemelihara) sanitasi”.

Menurut pak suyoto kabid PKK BPMPPKB Cimahi harapannya dengan sharing ini “kami punya pengalaman dan ilmu baru di bidang Pemberdayaan, serta untuk memajukan dan menginovasi badan Pelaksana Pemberdayaan Khususnya antara BKBPM Kota Malang dan BPMPPKB Kota Cimahi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *